Skip to main content

To Start The Dream: mendaftar sekolah ke luar negeri


5 tahun yang lalu saya bermimpi untuk melanjutkan studi ke negeri kincir angin. Disana saya telah jatuh hati pada sebuah kota bernama Nijmegen, sebuah kota yang sangat damai dan memberikan ketenangan untuk saya belajar.

Mimpi itu saya terus bawa hingga akhirnya 2 tahun lalu saya memutuskan untuk sungguh-sungguh memulai menggapai mimpi itu dengan nyata. Radboud University of Nijmegen adalah nama universitas yang saya tuju. Beberapa hal saya lakukan sebelum mendaftar.

1. mencari jurusan
Di eropa, jurusan yang judulnya sama antar universitas belum tentu memiliki kurikulum yang sama. Maka, jurusan dan universitas dengan kurikulum yang paling menarik perhatian saya, itu yang saya pilih. Aspek lain, misalnya lama studi, pun beragam antar universitas dan negara, ada yang 1 tahun, ada yang 2 tahun. Kebanyakan di Belanda dan area schengen lama studi S2 full-time adalah 2 tahun. Jadi, bersiaplah untuk merantau setidaknya 2 tahun.

Adapun hal lain yang tidak kalah penting adalah lokasi dimana universitas itu berada. Memiliki lingkungan yang kondusif untuk belajar dan refreshing adalah hal yang sangat menunjang untuk keberlangsungan studi agar bisa lulus tepat waktu dan dengan hasil yang baik. Banyaknya kawan sesama pelajar indonesia dan kawan sesama muslim juga baik untuk kita beradaptasi terhadap lingkungan.

2. mencari tahu persyaratan yang dibutuhkan
Ini bagian yang sangat penting saat kita hendak mendaftar. Proses pendaftaran di Belanda tidak seperti di negara lain, karena Belanda mengharuskan kita untuk mendaftar di situs nasional secara terpusat (studielink) terlebih dahulu. Setelah aplikasi kita diterima dan diverifikasi, kita barulah akan diarahkan untuk mengirimkan aplikasi ke universitas yang kita tuju. Beberapa persyaratan yang biasanya diminta:

  • paspor yang berlaku hingga minimal 6 bulan setelah tanggal kuliah yang telah ditetapkan. jadi kalau mulai kuliah Februari 2019, maka paspor harus berlaku minimal hingga Agustus 2019.
  • english Proficiency. Sertifikat bahasa inggris yang diminta kebanyakan adalah TOEFL IBT atau IELTS. meski begitu, beberapa universitas di Belanda masih mengizinkan mahasiswanya menggunakan sertifikat TOEFL ITP tersertifikasi ETS dengan minimum skor 575.
  • Curriculum Vitae. disarankan menggunakan format europass.
  • Surat Rekomendasi.
  • Ijazah dan transkrip berbahasa inggris. jika ijazahmu belum berbahasa inggris, atau tidak bilingual, maka segeralah terjemahkan di sworn translator dan legalisasi di universitas asal.
3.     tes bahasa inggris
Lakukanlah tes beberapa bulan sebelum masa pendaftaran studi ataupun beasiswa agar jika hasil yang diperoleh belum memuaskan, kita masih memiliki waktu untuk melakukan tes ulang.

TOEFL IBT biasanya dilakukan secara online. Saya tidak memiliki pengalaman untuk ini, maka bagian ini silahkan tanya pada yang lain yang berpengalaman.

Di Indonesia banyak sekali penyelenggaran TOEFL ITP, tapi hanya yang tersertifikasi ETS yang dapat diakui di internasional. Biasanya tes berlangsung setiap minggu dan kuota nya cukup banyak, sehingga anda tidak perlu mengantre untuk bisa mengikuti tes ini. Pada tahun 2017, biaya tes untuk TOEFL ITP adalah sebesar 475ribu rupiah.

Adapun IELTS harganya cukup mahal. Di Indonesia, harga tes ini sekitar 2,9juta rupiah (2018). Akan sayang sekali jika melakukan tes ini tanpa persiapan yang matang. Beberapa orang memilih untuk mengikuti les khusus persiapan IELTS terlebih dahulu. Harga kursus persiapannya beragam mulai dari 3 juta hingga 5 juta. Tahun 2015 saya memutuskan untuk tes tanpa les terlebih dahulu. Hasilnya lumayan, tapi belum sesuai harapan. Di tahun 2018 ini saya memutuskan untuk mengikuti program les singkat, 10 jam untuk 5 pertemuan saja, hanya untuk meyakinkan diri bahwa saya siap menjalani tes nya nanti.

4.     mencari rekomendasi
Surat rekomendasi yang diharapkan biasanya berasal dari orang yang mengenal kita dengan baik. Akan tetapi lebih baik lagi jika pemberi rekomendasi juga dikenal oleh pihak universitas. misalnya, alumni, dosen/profesor disana, atau peneliti yang sering berkolaborasi dengan universitas tersebut. Kesesuaian bidang profesi akan memberi rank yang berbeda terhadap pendaftar. Adapun saran lain, mintalah rekomendasi dari profesor di universitas lain di Belanda yang cukup mengenalmu dan bidang penelitiannya berkaitan dengan studi yang ingin kamu tempuh. Anda dapat juga meminta rekomendasi dari atasan tempat anda bekerja.

bagaimana jika selama sekolah saya tidak dikenal dosen?
hampir bisa dipastikan ada dosen yang mengenal anda. Minimal dosen pembimbing skripsi/tugas akhir. Beliau pasti mengenal mahasiswa bimbingannya, setidaknya ingat namanya. Kalau memang tidak ada sama sekali, anda harus bermodal nekat dan berani, temui dosen anda terkait bidang ilmu yang anda pilih, lalu utarakan maksud dan tujuan anda. InsyaAllah, semua dosen akan membantu jika tujuannya baik. Kalaupun dia tidak berkenan memberi rekomendasi, dia akan mengarahkan anda untuk mendapatkan suat rekomendasi tersebut.

5.     dokumen
Siapkan semua dokumen dibutuhkan. Semua detail mengenai dokumen ini ada di website universitas masing-masing. Pastikan semuanya berbahasa inggris atau bahasa yang diminta oleh universitas. Jika belum, anda bisa gunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen anda. Lalu, scan semua dokumen yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan sistem pendaftaran mayoritas dilakukan secara online sehingga dokumen perlu diunggah di website aplikasi universitas yang dituju.

6.     mendaftar
Dengan mengucap "Bismillah" terlebih dahulu, lakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

7.     interview
Di Radboud University, tidak perlu tes tertulis untuk seleksi masuk master program. Cukup interview melalui skype dengan suasana cukup santai, pertanyaannya pun sifatnya personal, tidak substantif menguji pengetahuan kita. Pengalaman saya, interviewer lebih ingin melihat kearah mana minat kita, apakah dapat diakomodasi oleh universitas atau tidak. Bagi teman saya, dia mendapat banyak kisi-kisi berupa materi substantif untuk interview. Oleh karena itu, untuk bagian ini akan lebih baik kalau anda mencari student yang sedang menempuh studi yang anda minati dan berdiskusi tentang hal-hal terkait proses interviewnya.

Selesai.
Anda tinggal tunggu hasilnya dalam beberapa minggu, pengumuman akan dikirimkan melalui email secara personal. Jika hasilnya negatif, tetap semangat! coba lagi, dan lagi, dan lagi, sampai dapat! karena sesuatu yang berharga tidak mungkin didapatkan dengan mudah dan murah.

Selamat mencoba!


Comments